Kata Kunci  
SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATKER PENGEMBANGAN PLP JAWA TENGAH
Senin, 18 DESEMBER 2017
Persampahan

Persampahan 3R
Ditulis tanggal : 06 - 02 - 2012 | 16:10:57

Untuk mencegah kebuntuan sistem pengelolaan sampah, perlu dikembangkan metode-metode lain. Salah satu metode yang sangat feasible dikembangkan adalah implementasi prinsip reduce, reuse, dan recycle (3R)

Dalam penanganan sampah. Dari hasil uji coba terbukti bahwa implementasi 3R mampu mengelola sampah lebih efektif, efisein, dan yang paling penting, sangat ramah lingkungan. 

Hasil uji coba juga membuktikan, implementasi 3R dapat mengolah sampah 20- 30% dan mengurangi sampah yang dibuang ke TPA sekitar 30%.

Implementasi 3R dapat menjadi tools optimalisasi pemanfaatan sampah sehingga sampah memiliki nilai ekonomis dan dapat membuka lapangan pekerjaan.

Tahapan penting dalam pelaksanaan Program Implementasi 3R adalah kegiatan mapping pengelolaan sampah perkotaan. Kegiatan mapping bertujuan untuk mengidentifikasi data dan informasi awal yang akan menjadi dasar pelaksanaan Program Implementasi 3R di suatu kota. Kegiatan mapping wajib dilaksanakan karena dari hasil mapping tersebut kemudian disusun rencana aksi dan design Implementasi 3R Skala Kota yang paling pas dengan kondisi kota yang bersangkutan.

Mengingat kegiatan mapping tersebut sangat penting dan mendasar, maka perlu disusun Panduan Kegiatan Mapping Implementasi 3R Sampah Perkotaan.