Kata Kunci  
SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATKER PENGEMBANGAN PLP JAWA TENGAH
Senin, 18 DESEMBER 2017
Berita

Temu Karya dan Pencanangan Gerakan Jawa Tengah BERANI
Ditulis tanggal : 14 - 12 - 2016 | 00:00:00

Pelayanan Sanitasi merupakan sektor yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, karena menyangkut tuntutan kebutuhan masyarakat untuk hidup sehat. Pelayanan sanitasi di Jawa Tengah masih rendah kualitas dan tingkat pelayanannya baik di perkotaan dan pedesaan. Capaian layanan sanitasi Jawa Tengah sampai akhir tahun 2015 (MDGs) masih jauh dari target yang ditentukan yaitu sebesar 64,5 %. Pemerintah telah bertekad melaksanakan peningkatan kesejahteraan masyarakat, diantaranya melalui kualitas pelayanan sanitasi dengan maksud untuk peningkatan derajat kualitas pelayanan kesehatan lingkungan masyarakat.

Bidang persampahan sebagai salah satu sektor sanitasi memiliki permasalahan yang hingga kini belum terlihat pereduksian masalah secara signifikan. Sampai saat ini sampah hanya berkutat dalam masalah pengakutan dan penumpukan, sehingga terkesan hanya memidahkan sampah dari lingkungan masyarakat ke TPA (Tempat Pemrosesan Akhir) Sampah. Sedangkan pada sisi masyarakat dan pengusahan, kurang mengindahkan permasalahan sampah.

Terbitnya undang-undang No.18 tentang pengelolaan persampahan dan peraturan Menteri Pekerjaan Umum No.03 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Persampahan dalam Pembangunan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis dimulai dari sumbernya adalah sebagai upaya Pemerintah untuk mengajak elemen masyarakat, produsen, konsumen dan municipality untuk turut berperan aktif dalam pengelolaan sampah.

Pada tanggal 4-7 Desember 2016, di Hotel Santika, Kota Semarang. Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman Provinsi Jawa Tengah melaksanakan kegiatan Temu Karya dan Pencanangan Gerakan Jawa Tengah BERANI (Bersih, Rapi, Nyaman, Indah) bersama Komunitas KSM Pengelola Sampah Berbasis Masyarakat di Jawa Tengah. Peserta kegiatan tersebut sebanyak 35 Kabupatan Kota yang terdiri dari SKPD/DINAS, Tim Penggerak PKK, Kepala Desa dan KSM pengelola sampah. Narasumber dari Ibu Atiqoh Ganjar Pranowo (Ketua PKK Provinsi Jawa Tengah) , Satker PSPLP Provinsi Jawa Tengah dan KSM 3R yang Berhasil dalam pengolahan KSM dan Masyarakat.

Hasil kegiatan tersebut antara lain Ibu Atiqoh Ganjar Pranowo sebagai pelindung himpunan KSM 3R Jawa Tengah, Terbentuknya paguyuban pengolahan sampah KSM 3R Jawa Tengah dengan nama "Berkah Sampah Minulyo" yang berarti menuju kemuliaan bersama melalui pengelolaan persampahan, di lanjutkan pembentukan draf struktur organisasi pengolahan sampah KSM 3R yang diketuai oleh Bapak Suharto Setiyo, SH, serta ko'ordinator wilayah, Peran aktif KSM dan masyarakat dalam pengolahan sampah.


KOMENTAR

TIDAK ADA KOMENTAR

Silahkan isi form dibawah ini untuk menuliskan komentar Anda

Nama :


Email :


Judul :


Komentar :


Kode :
 Masukkan kode di bawah ini