Kata Kunci  
SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATKER PENGEMBANGAN PLP JAWA TENGAH
Senin, 18 DESEMBER 2017
Berita

Workshop Pendampingan KSM Program TPS 3R dan Sanimas Tahun 2016
Ditulis tanggal : 08 - 12 - 2016 | 00:00:00

Salah satu upaya untuk memenuhi target universal access adalah melalui penyediaan sarana dan prasarana sanitasi layak bagi masyarakat yaitu kegiatan Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) 3R dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (SANIMAS). Kegiatan TPS 3R dan SANIMAS yang dikembangkan oleh Kementerian PUPR mensyaratkan bahwa keterlibatan masyarakat harus sudah ada sejak dari masa perencanaan, pelaksanaan pembangunan sampai dengan operasional dan pemeliharaannya, sehingga di dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dapat berlangsung secara berkelanjutan. Untuk mendukung program tersebut, dibutuhkan kegiatan Workshop Pendampingan KSM supaya tidak hanya pelaksanaan konstruksi yang berjalan dengan baik, tetapi tertib administrasi dalam pelaporan keuangan juga dapat terjaga.

Keberhasilan program ini sangat bergantung pada peran aktif pengurus KSM dengan pendampingan fasilitator dalam setiap tahapan. Satker Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman (PSPLP) Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Workshop Pendampingan KSM Program TPS 3R dan Sanimas Anggaran tahun 2016 pada tanggal 28-29 November 2016, di Hotel Neo Candi, Semarang. Peserta Workshop terdiri dari KSM, TFL dan STFL dari Kabupaten Boyolali, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Magelang dan Kabupaten Pati. Narasumber kegiatan tersebut dari Satker Pengembangan Sistem PLP Provinsi Jawa Tengah, Praktisi dan Advisor.

Hasil kegiatan tersebut antara lain menyusun Laporan Penggunaan Dana (LPD) dan kepatuhan terhadap kewajiban pajak, terhadap pelaksanaan TPS 3R dan Sanimas Tahun Anggaran 2016.


KOMENTAR

TIDAK ADA KOMENTAR

Silahkan isi form dibawah ini untuk menuliskan komentar Anda

Nama :


Email :


Judul :


Komentar :


Kode :
 Masukkan kode di bawah ini