Kata Kunci  
SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATKER PENGEMBANGAN PLP JAWA TENGAH
Senin, 18 DESEMBER 2017
Berita

Focus Group Discussion (FGD) Kegiatan Pendampingan Kelembagaan Bidang PLP
Ditulis tanggal : 17 - 11 - 2016 | 00:00:00

Senin (14/11) Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman Provinsi Jawa Tengah melaksanakan kegiatan Forum Group Diskussion (FGD) Pendampingan Kelembagaan Bidang PLP Provinsi Jawa Tengah. Pada tanggal 14-15 November 2016, di Grand Wahid Hotel, Salatiga.

Kinerja pelayanan pemerintah daerah dalam bidang PLP kepada masyarakat tidak hanya ditentukan oleh ketersediaan prasarana dan sarana bidang PLP, namun juga aspek peraturan, aspek kelembagaan, aspek keuangan dan aspek peran masyarakat. Prasarana dan sarana bidang PLP yang telah terbangun di daerah tidak akan memiliki daya guna dan berkelanjutan bila tidak dikelola dan dioperasikan dengan baik oleh kelembagaan/institusi pengelola daerah. Lemahnya aspek kelembagaan dapat menjadi penyebab masalah pelayanan Sanitasi di daerah.

FGD kali ini merupakan rangkaian kegiatan lanjutan dari kegiatan Pendampingan kelembagaan Bidang PLP. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka fasilitasi pembentukan UPT Dinas atau Badan yang akan mengelola Infrastruktur Air Limbah atau Persampahan sehingga Pemda dapat menjalankan amanat Undang-Undang No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan Permen PU No.1 tahun 2014 tentang standar pelayanan minimal bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, bahwa pelayanan sanitasi merupakan urusan wajib Pemerintah Daerah.

Peserta FGD adalah Pemerintah Daerah Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Kebumen yang terdiri dari Biro Organisasi Setda, Biro Hukum Setda, Bappeda, Badan Lingkungan Hidup, Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah, serta Inspektorat Provinsi Jawa Tengah. Pada kesempatan acara, disampaiankan Capaian Kegiatan Bantek Kelembagaan Bidang PLP Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Kebumen oleh Ibu Hotma Ulitua YS, ST. MT. dan dilanjutkan diskusi pembahasan Finalisasi Kajian Inisiasi dan Draft Peraturan Bupati Pembentukan UPTD Pengelolaan Sampah Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Karanganyar yang dilakukan secara desk. Di akhir acara dilakukan penandatanganan Berita Acara FGD dan Tindak Lanjut Draft Peraturan Bupati. Hasil kegiatan menjadi bahan workshop yang diadakan pada tanggal 17-18 November 2016 di Balikpapan.


KOMENTAR

TIDAK ADA KOMENTAR

Silahkan isi form dibawah ini untuk menuliskan komentar Anda

Nama :


Email :


Judul :


Komentar :


Kode :
 Masukkan kode di bawah ini