Kata Kunci  
SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATKER PENGEMBANGAN PLP JAWA TENGAH
Senin, 18 DESEMBER 2017
Berita

kick-off Meeting Program PPSP Provinsi Jawa Tengah
Ditulis tanggal : 27 - 03 - 2017 | 00:00:00

Kick-Off Nasional baru selesai minggu lalu, minggu ini Kick-Off Provinsi Jawa Tengah dilaksanakan. Jawa Tengah menjadi salah satu provinsi yang telah mendistribusikan target Universal Akses kepada kabupaten/kota.

Pada Jumat (24/03), kelompok kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Pokja AMPL) Provinsi Jawa Tengah telah melaksanakan "Kick-Off meeting Program PPSP Jawa Tengah", di Ruang Rapat Spam Regional, Jl.Gajahmungkur Selatan No. 14 - 16 Semarang, Kota Semarang.

Akses Layanan Sanitasi Jawa Tengah pada Tahun 2019 mendatang ditarget sebesar 91% terlayani Akses Layak dan 9% memiliki Akses Dasar untuk mendukung/mensubsidi Capaian Akses Nasional 85% Layak dan 15% Dasar. Sementara Capaian hingga Tahun 2016 baru sebesar 76,08 %. Hal itu dapat pula diartikan sekitar 2.000.000 kk/rumah di Jawa Tengah belum dapat terlayani akses Sanitasi di Jawa Tengah. Dalam sambutan oleh Temi Purboyono Bappeda Provinsi Jawa Tengah.

Peserta terdiri dari 35 kabupaten/kota yang diwakili oleh Pokja AMPL (Bappeda, Dinas PU, Dinas Kesehatan). Sedangkan Narasumber acara tersebut dari Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Bappenas, Satker PSPLP Provinsi Jawa Tengah dan Prosda USDP Provinsi Jawa Tengah.

Maksud dan tujuan menyelenggarakan Kick-Off meeting antara lain menginisiasi komunikasi dan koordinator yang baik antara Pokja Provinsi, Pokja Kab/Kota serta pemangku kepentingan, meningkatkan pengetahuan dan kapasitas kelembagaan Pokja AMPL serta kapasitas SDM, menyamakan presepsi antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kab/Kota dalam pelaksanaan PPSP dan pembangunan sanitasi serta mendapat masukan dan memahami terkait dengan pelaksanaan implementasi PPSP serta target universal access dan monev PPSP.

Diharapkan setiap Kab/Kota yang melaksanakan rakor PPSP TA 2017. Terciptanya komunikasi dan ko'ordinasi antara pokja provinsi dan pokja Kab/Kota serta pemangku kepentingan lain sehingga pelaksanaan program dan kegiatan bisa lebih efektif dan efisien, adanya pemahaman yang terstruktur dan komprehensif tentang pertimbangan praktis bagi pelibatan para pihak terkait dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kab/Kota tentang Implementasi dan target universal access dan Monev PPSP, persamaan persepsi antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kab/Kota dalam pelaksanaan PPSP dan pembangunan sanitasi.

Dalam acara tersebut juga dilakukan Rapat Ko'ordinasi (Rakor) PPSP TA 2017 tentang kemajuan dan rancangan pelaksanaan PPSP, yang diwakili Bappeda masing-masing Kab/Kota antara lain Kabupaten Semarang, Kabupaten Demak, Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Pekalongan serta Kota Magelang.(ayw)


KOMENTAR

TIDAK ADA KOMENTAR

Silahkan isi form dibawah ini untuk menuliskan komentar Anda

Nama :


Email :


Judul :


Komentar :


Kode :
 Masukkan kode di bawah ini