Kata Kunci  
SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATKER PENGEMBANGAN PLP JAWA TENGAH
Senin, 24 NOVEMBER 2014
Berita
PESERTA WAWANCARA REKRUTMEN TFL SPBM USRI TA 2014
Klik di sini



Workshop Penjaminan Buku Putih Sanitasi PPSP 2012 Tingkat Provinsi Jawa Tengah
Ditulis tanggal : 17 - 07 - 2012 | 18:22:37

“Dalam pelaksanaan Program Percepatan Pembangunan Sanitasi (PPSP) tahun 2012 ini, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah memfasilitasi 12 kab/kota yaitu,  Kab. Wonosobo, Pemalang, Batang, Demak, Grobogan, Pati, Temanggung, Karanganyar, Magelang, Pekalongan, Kota Magelang dan Kota Salatiga untuk menyelesaikan dokumen Buku Putih Sanitasi dan Strategi Sanitasi Kota”, demikian di bacakan Subagyo, Amd mewakili Kepala Satker Pengembangan PLP Jawa Tengah Suharsono Adi Broto ST MM dalam sambutan panitia penyelenggara acara Workshop Penjaminan Buku Putih Sanitasi (BPS) Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP) Tingkat Provinsi bertempat di Ruang Sidang B Lt.6 Bappeda Provinsi Jawa Tengah (17/07).

Acara di buka secara resmi oleh Suharyo, Ssi MT mewakili Ketua Pokja AMPL Provinsi Ir. Boedi Setyana, Msi, dalam sambutan pembukaan, beliau mengatakan Buku Putih Sanitasi berfungsi sebagai data dasar (baseline) kondisi sanitasi kabupaten/kota bagi penyusunan SSK dan monitoring dan evaluasi sanitasi. SSK merupakan dokumen perencanaan strategis sanitasi jangka menengah (tahunan) yang komprehensif dan terintegrasi. Selain berfungsi sebagai pedoman pelaksanaan pembangunan sanitasi di kabupaten/kota, SSK juga berfungsi sebagai kendali bagi realisasi pembangunan sanitasi yang berbasis kinerja serta memberikan gambaran indikasi kebutuhan pendanaan sanitasi tahunan dan jangka menengah.   

Workshop ini menghadirkan narasumber I Dewa Made, Skm Mkes, dan Suharyo, Ssi MT mendampingi Tamu Undangan dari Pusat yaitu Ketua PIU Teknis Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Ditjen Cipta Karya Kementerian PU  Ir. Rina Agustin Indriani.

Adapun materi yang diberikan, meliputi Peran POKJA Provinsi Dalam Penjaminan Buku Putih, Hasil Penjaminan Kualitas Buku Putih Sanitasi kab/kota Jawa Tengah, Lokalatih Penyusunan Buku Putih  Dan Buku Strategi Sanitasi Kota.

Kegiatan ini diikuti oleh 85 peserta, dari unsur Satker Pengembangan PLP Jawa Tengah, Pokja AMPL Jawa Tengah, Pokja AMPL Kabupaten/Kota, Fasilitator Provinsi, Fasilitator Kabupaten.

Menjawab pertanyaan salah seorang fasilitator kabupaten terkait alokasi dana, Ketua PIU Teknis Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Ditjen Cipta Karya Kementerian PU Ir Rina Agustin Indriani, mengatakan, bila semua tahapan dijalankan sesuai prosedur, pasti program itu terealisasi. Untuk itu, tiap kabupaten/ kota perlu menyusun buku putih sanitasi, dan strategi sanitasi di wilayah masing-masing.

Diakhir Acara Workshop, Koordinator Fasilitator Provinsi Jateng RM. Bagus Irawan yang pada acara tersebut sebagai moderator acara membacakan kesimpulan, yaitu (1) Kabupaten/Kota yang menyusun Buku Putih Sanitasi (BPS) perlu melakukan peningkatan BPS dengan memperbaiki dokumen sesuai hasil Desk QA. (2) Jaminan tersedianya anggaran dari pusat dan provinsi, apabila Kabupaten/Kota telah melakukan proses atau melewati penyusunan dokumen sesuai prosedur yang ada. (3) kedepan proses terealisasinya pendanaan sanitasi di tingkat provinsi dan pusat akan diberikan tergantung dari dokumen perencanaan sanitasi yang telah disusun (BPS, SSK, MPSS). (4) PPSP merupakan Payung Hukum dalam pelaksanaan program-program kegiatan sanitasi.