Kata Kunci  
SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATKER PENGEMBANGAN PLP JAWA TENGAH
Kamis, 24 Juli 2014
Berita
PESERTA WAWANCARA REKRUTMEN TFL SPBM USRI TA 2014
Klik di sini



Lomba Poster dan Karya Tulis Penyuluhan Dalam Rangka Pemilihan Duta Sanitasi Jawa Tengah 2012
Ditulis tanggal : 24 - 05 - 2012 | 20:20:08

Upaya mengampanyekan hidup bersih perlu dilakukan sejak dini. Hal ini pula yang telah dilakukan oleh Satker Pengembangan PLP Jawa Tengah melalui Jambore Duta Sanitasi bagi para pelajar tingkat SLTP se-Jateng, yang telah berlangsung dari 23-24 Mei di Hotel Pandanaran Semarang. "Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat tentang sanitasi," kata Kabid Praskim Dinas Ciptakarya Provinsi Jawa Tengah Ir. Purwandi. S.P, MT, ketika menyampaikan laporannya pada pembukaan acara tersebut di Hotel Pandanaran, Rabu (23/5). Hal itu dikatakannya dapat mendorong percepatan perubahan perilaku masyarakat melalui peran aktif anak-anak sebagai generasi penerus.Pasalnya, jambore tersebut berisikan lomba poster dan karya tulis dengan Tema Sanitasi Dan Pengamanan Air Minum, yang diikuti oleh pelajar setingkat SLTP dari kelas satu dan dua atau kelas VII dan VIII se-Jateng. “Lomba ini dapat menjadi media pendidikan yang efektif karena anak-anak merupakan segmen masyarakat yang paling terkena dampak dari buruknya sanitasi,” Kata Kepala Satker Pengembangan PLP Jawa Tengah Suharsono Adi Broto ST MM. Beliau juga menambahkan pemilihan Duta Sanitasi itu akan bermanfaat bagi kelangsungan pembangunan bangsa menuju kehidupan yang lebih baik sehat utamanya untuk anak-anak, karena anak-anak sangat rentan terhadap pengaruh positif dan negatif disekelilingnya.

Beliau berharap, untuk menanamkan kebiasaan baik sejak dini sangat dibutuhkan dalam rangka pembentukan jiwa dan watak yang  baik. “sehingga diharapkan mereka tumbuh menjadi insan yang berjiwa positif, memiliki kepribadian yang tangguh dan berakhlak mulia.

Dengan mengangkat Tema Sanitasi dan Pengamanan Air Minum, kegiatan tahun ini diikuti 70 peserta dari 35 Kabupaten/Kota. Mereka merupakan pemenang lomba poster dan karya tulis penyuluhan tingkat SLTP di masing-masing sekolahnya. Pemenang dalam event ini nanti akan mewakili Provinsi Jawa Tengah pada Jambore Sanitasi dan Duta Sanitasi 2012 Tingkat Nasional di Jakarta, 18-24 Juni 2012.

Terpisah, menurut Ir. Susi Simajuntak Melalui Event Pemilihan Duta Sanitasi 2012 ini dapat memberikan kesempatan bagi anak-anak tingkat SLTP, untuk menyampaikan pesan mengenai harapan lingkungan pemukiman kota dan desa yang bersih, sehat dan harmonis melalui karya tulis dan poster.

Saat ini penanganan masalah sanitasi menjadi perhatian khusus pemerintah dalam mencapai target Millenium Development Goals (MDGs). Terutama dalam rangka meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. Akan tetapi, baik buruknya kondisi sanitasi akan berpengaruh terhadap kualitas air merupakan penyebab utama berbagai penyakit seperti diare, kolera, dan penyakit yang berbahaya lainnya. "Hal ini akan berpengaruh negatif terhadap kesehatan, terutama kecerdasan dan tumbuh kembang anak sebagai aset bangsa, menjadi terganggu," tegasnya.

Seleksi Duta Sanitasi ini merupakan hasil kerja sama dengan Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum. Dalam seleksi tersebut, para peserta akan ditantang untuk kreatif membuat karya tulis ilmiah dan membuat poster bertema Sanitasi Dan Pengamanan Air Minum. Selain itu mereka juga bertanggung jawab untuk mempresentasikannya di depan dewan juri.

Setelah melalui lomba yang ketat berupa pembuatan karya tulis, poster dan dilanjutkan presentasi dari masing-masing peserta, para juri yang terdiri utusan dari Dinas Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, dan dari Media Massa, akhirnya muncul enam nama pemenang yang berhak mewakili Jawa Tengah mengikuti Jambore Sanitasi dan Duta Sanitasi Tingkat Nasional Tahun 2012 di Jakarta 24 Juni 2012. Berikut adalah nama-nama pemenang beserta asal sekolah mereka dalam dua kategori.

Di Kategori Poster, Dewan Juri menetapkan Juara 1 adalah Dhea Savitri dari SMP PL Dominico Savio Juara 2 diraih Alifian Wisnu R.H dari SMPN 3 Pati Dan Juara 3 direngkuh Garindra Yogiswara dari SMPN 3 Palebon.

Untuk Pemenang Karya Tulis dan Penyuluhan, Juara 1 diraih Syafrini Kris Susanti dari SMPN 1 Karang Pandan Kab. Karang Anyar Juara 2 oleh Diah Ayu Budi Utami dari SMPN 3 Surakarta Dan  Juara 3 jatuh ke tangan Ineke Intania dari SMPN 3 Pati.

Diakhir lomba Subagyo, Amd menjelaskan Duta Sanitasi Jawa Tengah Tingkat SMP akan menjalani karantina sebelum diberangkatkan ke Jakarta. Selama masa karantina, wakil Jawa Tengah ini akan mendapat tambahan pemahaman terkait materi penilaian. Termasuk peningkatan kemampuan berbahasa Inggris dan tentang Sanitasi. “Khusus Jawa Tengah event tahun ini merupakan penyelenggaraan ketiga,”tambahnya.