Kata Kunci  
SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATKER PENGEMBANGAN PLP JAWA TENGAH
Kamis, 24 Juli 2014
Berita
PESERTA WAWANCARA REKRUTMEN TFL SPBM USRI TA 2014
Klik di sini



Sosialisasi 3R Tingkat SD di Jawa Tengah
Ditulis tanggal : 10 - 10 - 2011 | 08:41:30

Sampah merupakan material sisa yang tidak diharapkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah dapat membawa dampak yang buruk pada kondisi manusia. Bila sampah dibuang secara sembarang atau ditumpuk tanpa ada pengelolaan yang baik, maka akan menimbulkan berbagai dampak kesehatan yang serius. Tumpukan sampah rumah tangga yang dibiarkan begitu saja akan mendatangkan tikus dan serangga (lalat, kecoa, lipas, kutu, dan lain-lain) yang membawa kuman penyakit. Sampah yang dibuang di jalan dapat menghambat saluran air yang akhirnya membuat air terkurung dan tidak bergerak, menjadi tempat berkubang bagi nyamuk penyebab malaria. Sampah yang menyumbat saluran air atau got dapat menyebabkan banjir. Ketika banjir, air dalam got yang tadinya dibuang keluar oleh setiap rumah akan kembali masuk kedalam rumah sehingga semua kuman, kotoran dan bibit penyakit masuk lagi kedalam rumah.  

Oleh karena itu dalam rangka mengedepankan peran dan partisipasi aktif masyarakat sebagai mitra dalam pengelolaan sampah melalui peningkatan pemahaman tentang pengelolaan sampah sejak dini Satker Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Jawa Tengah melaksanakan Sosialisasi 3R Sampah di Lingkungan Sekolah Dasar. "Tujuan dari Sosialisasi ini adalah untuk mendorong terciptanya budaya bersih bagi masyarakat usia dini dengan mengelola sampah secara baik dan benar," demikian diungkapkan Widiarto, ST dari Satker PPLP Jawa Tengah pada Sosialisasi 3R sampah yang dilaksanakan di SDN 3 Tuksongso Temanggung. Sosialisasi tersebut merupakan Sosialisasi dengan lokasi Sekolah Dasar pertama dari 6 Sekolah Dasar terpilih di Jawa Tengah. Sedangkan lima SD lainnya yaitu SDN Malabar 05 Kab. Cilacap, SDN 04 Kab. Boyolali, SDN Karangrejo 01 Juwana Kab. Pati, SD Kebondalem Kota Semarang, SDN 02 Kebondalem Kab. Pemalang.

Dalam sambutannya Kepala Satker PPLP Jateng yang di wakili oleh sekretaris Satker PPLP Jateng, Subagyo, Amd menegaskan bahwa dengan Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan kesadaran kepada para guru Sekolah Dasar agar secara sistematis dan terstruktur menerapkan budaya bersih dan sehat kepada anak didiknya di lingkungan sekolah masing-masing dengan ikut mengelola sampah secara baik dan benar. Pelaksanaan Sosialisasi tersebut dihadiri oleh staf dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Staf  Satker PPLP Jawa Tengah dan Komite Sekolah.

Pada acara tersebut anak anak SDN 3 Tuksongso Temanggung diajarkan pengelolaan sampah 3R yang benar sekaligus melakukan praktek pemilahan sampah yaitu membuang sampah pada tempat sampah yang telah disediakan sesuai dengan jenis sampahnya. Untuk sampah dari sisa makanan dan daun daunan, dibuang pada tempat sampah berwarna hijau, untuk sampah botol dan kaleng dibuang pada tempat sampah berwarna kuning, untuk sampah kertas dibuang pada tempat sampah berwarna biru, sedang untuk sampah B3 (bahan berbahaya dan beracun) dibuang pada tempat sampah berwarna merah. Pada saat praktek pemilahan sampah, anak-anak terlihat sangat antusias, dengan saling berebut untuk bisa membuang sampah pada tempat sampah yang telah disediakan.

Dan untuk menyemarakkan suasana diberikan hadiah door price bagi anak yang bisa menjawab dengan benar pertanyaan seputar pengelolaan sampah 3R tersebut. Acara Sosialisasi evaluasi pelaksanaan 3R sampah di SDN 3 Tuksongso Temanggung ditutup dengan secara bersama-sama menyanyikan lagu jingle 3R.