Kata Kunci  
SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATKER PENGEMBANGAN PLP JAWA TENGAH
Senin, 18 DESEMBER 2017
Berita

Pengelolaan Sampah jadi Inovatif di Jawa Tengah
Ditulis tanggal : 23 - 09 - 2016 | 00:00:00

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melakukan kerja sama dengan Pemerintah Denmark berkaitan dengan pengelolaan sampah dan limbah di Jawa Tengah. Kerja sama dalam bentuk Environment Support Programme Phase 3 (ESP3) dan berakhir pada tahun 2018.  Pilot project pengolahan sampah dan limbah industri menjadi Energi Baru Terbarukan (EBT) dilaksanakan di lima (5) Kota atau Kabupaten di Jawa Tengah.

Kelima pilot project tersebut, yaitu pembangkit listrik berdaya 1.2 MW yang nantinya akan disambungkan ke jaringan PLN di TPA Jatibarang Kota Semarang, pengelolaan sampah di TPA Triteh Lor Kabupaten Cilacap untuk digunakan sebagai bahan bakar (Refuse-derived fuel) dengan kapasitas 120 ton/hari, pemindahan 25.000 ton Bahan Berbahaya Beracun (B3) hasil peleburan logam dari Desa Pasarean Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal, penanganan limbah cair dan padat dari industri Pati Onggok di Desa Daleman dan Pucang Miliran Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten.

Dari kelima pilot project tersebut dua diantaranya mendapat dukungan dana dari APBN Kementrian PUPR yaitu Pengelolaan Sampah di TPA Jatibarang Kota Semarang dan Pengelolaan Sampah di TPA Tritih Lor Kabupaten Cilacap. Direktorat Pengembangan PLP Ditjen Cipta Karya Kementrian PUPR melalui Satker PSPLP Provinsi Jawa Tengah mengalokasikan dana sebesar ± 20 Miliyar untuk Pengelolaan sampah di TPA Jatibarang Kota Semarang dan Pengelolaan sampah di TPA Tritih Lor Kabupaten Cilacap sebesar ± 25 Miliyar.

Kontribusi Kementrian PUPR pada pilot project tersebut, diharapkan menjadi contoh upaya pemecahan permasalahan lingkungan yang inovatif dan kreatif khususnya dalam penanganan persampahan.


KOMENTAR

TIDAK ADA KOMENTAR

Silahkan isi form dibawah ini untuk menuliskan komentar Anda

Nama :


Email :


Judul :


Komentar :


Kode :
 Masukkan kode di bawah ini