Kata Kunci  
SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATKER PENGEMBANGAN PLP JAWA TENGAH
Rabu, 28 Juni 2017
Berita

Pra Lokakarya Pemutakhiran Dokumen Strategi Sanitasi Kabupaten/Kota (SSK) Provinsi Jawa Tengah
Ditulis tanggal : 09 - 09 - 2016 | 00:00:00

Sanitasi merupakan sektor yang termasuk tertinggal jika dibandingkan dengan sektor lain. Berdasarkan data yang dirilis oleh UNDP dalam Asia Pasific MDGs Report 2010 Indonesia menempati angga ke 8 dari 10 negara di Asia Tenggara. Kondisi ini merupakan salah satu alasan bagi pemerintah secara nasional untuk melaksanakan Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Pemukiman (PPSP). Pemerintah Indonesia memasuki periode RPJMN baru 2015-2019 yang menetapkan target yaitu 100% (Universal acces) akses sanitasi layak di akhir tahun 2019. Sementara itu, pada tahun 2016 beberapa dokumen perencanaan sanitasi Kabupaten/Kota sudah habis masa berlakunya, maka Program PPSP akan dilanjutkan kembali pada periode PRJMN  program PPSP Tahap II 2015 – 2019. Program PPSP Tahap II, Kabupaten/Kota yang dokumen BPS, SSK dan MPS sudah habis masa berlakunya akan dilakukan updating/review agar dapat kembali diimplementasikan.

Untuk mendukung program tersebut, pada tanggal 30 Agustus 2016 di Ruang Rapat Lt. VI B Bappeda Provinsi Jateng. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman Jawa Tengah memfasilitasi pemutakhiran dokumen SSK yang telah sampai proses penyusunan program dan kegiatan serta pendanaan sanitasi pada Kabupaten Purworejo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Tegal, Kabupaten Batang, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Wonogiri. Narasumber pada acara tersebut Satker PS PLP Provinsi Jawa Tengah (M. Syukron Fikri. ST. MT.), BAPPEDA Provinsi Jawa Tengah (Jati Setyorini, Msi), Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Jateng (Susanti Puji Lestari, ST.), Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah (Dewa Made, MKS. M. Kes), dan Badan Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah (Agus Salim, ST.).

Tujuan mengadakan updating/review Strategi Sanitasi Kabupaten atau Kota (SSK) Pra Lokakarya pemutakhiran antara lain untuk mengetahui progres dokumen penyusunan pemutakhiran SSK  pada Pokja AMPL Sanitasi Kabupaten atau Kota Provinsi Jawa Tengah bersama dengan stakeholders terkait denganSanitasi. Agar menjadi dokumen pemutakhiran SSK pemutahiran yang berkualitas.


KOMENTAR

TIDAK ADA KOMENTAR

Silahkan isi form dibawah ini untuk menuliskan komentar Anda

Nama :


Email :


Judul :


Komentar :


Kode :
 Masukkan kode di bawah ini