Kata Kunci  
SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATKER PENGEMBANGAN PLP JAWA TENGAH
Kamis, 17 Agustus 2017
Berita

Kampanye Edukasi di CFD dan Pemilihan Duta Sanitasi Jawa Tengah 2016
Ditulis tanggal : 31 - 05 - 2016 | 00:00:00

Salah satu strategi pemenuhan kebutuhan sanitasi masyarakat yang dilaksanakan Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Pemukiman Provinsi Jawa Tengah adalah melalui kampanye dan edukasi bidang sanitasi, kampanye dan edukasi yang dilaksanakan Satker PSPLP Jateng tahun 2016 melibatkan para duta sanitasi Jawa Tengah, dimana melalui kampanye edukasi sanitasi tersebar informasi mengenai betapa pentingnya hidup bersih dan sehat.
Dalam upaya mendorong terciptanya perubahan perilaku masyarakat di bidang sanitasi melalui peran aktif Duta sanitasi sebagai agen perubahan, pada hari minggu 1 Mei 2016 dilaksanakan kampanye dan edukasi di event Car Free Day (CFD) di Jalan Pahlawan dan Simpang Lima Semarang, yang difasilitasi oleh Satker PSPLP Jateng, dengan cara membagikan leaflet/brosur, pin, gantungan kunci dan bollpoint.
Dalam kesempatan tersebut para duta sanitasi Jawa Tengah turut ambil bagian antara lain Leon Alvinda Putra yang berasal dari SMAN 1 Sukoharjo (duta sanitasi tahun 2013), Alifian Nur Faizah yang berasal dari SMAN 1 Kebumen (duta sanitasi tahun 2014) dan Sheila Hasinna yang berasal dari SMAN 1 Kebumen (duta sanitasi tahun 2014), serta Ineke Intania yang berasal dari SMAN 1 Pati (duta sanitasi tahun 2012). Kegiatan tersebut bertujuan untuk :
1. Menjadi agen perubahan dalam mendukung pembangunan sanitasi khususnya dalam hal perubahan perilaku masyarakat.
2. Agar masyarakat dapat menyampaikan pesan sanitasi kepada lingkungan di sekitarnya, yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat.
3. Terbentuknya opini dan terciptanya pemahaman masyarakat yang lebih baik.
Sasaran kegiatan ini adalah masyarakat pejalan kaki di CFD agar mau Peduli Sanitasi dan pengetahuan tentang sanitasi, sekaligus terdorong untuk berperan serta dalam pembangunan sanitasi dan turut mengkampanyekan peningkatan sanitasi. Sekaligus satker PSPLP membagikan sejumlah 500 bibit pohon. Adapun Jenis bibit pohon yang dibagikan antara lain pohon jati, pohon mahoni dan pohon kresen serta pohon trembesi. Pembagian bibit pohon kepada para pejalan kaki bertujuan untuk penghijauan.

Pada tanggal 20-22 Mei 2016 hari jumat sampai minggu, Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman Jawa Tengah menyelenggarakan Pemilihan Duta Sanitasi Provinsi Jawa Tengah tahun 2016 melalui lomba poster dan lomba karya tulis antar siswa SMP/MTsnse-Jawa Tengah, dengan tema "Sanitasi Aman Belajarku Nyaman" bertempat di Hotel Azizah Solo dan kraton Kasunan Hadiningrat Surakarta. Tahun ini di ikuti 31 Kabupaten/Kota dari 35 Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah.
Kegiatan diawali dengan kunjungan lapangan ke TPST 3R dan SANIMAS di desa Tawangsari Kab. Boyolali. Kegiatan ini bertujuan Meningkatkan kepedulian masyarakat akan sanitasi dan kebersihan sebagai kunci kelangsungan hidup dan perkembangan generasi yang akan datang, Memaksimalkan potensi anak-anak dalam kampanye dan edukasi sanitasi, mendorong percepatan perubahan perilaku masyarakat di bidang Sanitasi melalui peran aktif anak-anak sebagai kelompok berpengaruh.
Acara Pemilihan Duta Sanitasi Provinsi Jawa Tengah tahun 2016, dibuka oleh Ir.Maladiyanto, MT Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Jawa Tengah, bertempat Sasono Handrowino Keraton Kasunan Surakarta dan Pelaksanaan Lomba Poster dan Karya tulis dilaksanakan di bangsal Pradoggo Kraton Surakarta. Dengan juri dari : Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah, Satker PS PLP Provinsi Jawa Tengah, Widyaiswara LPMP Jawa Tengah, Dharma Wanita Persatuan Dincipkataru Provinsi Jateng, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah dan Badan Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah serta Mass Media.
Setelah melalui proses seleksi terpilih 3 orang Pemenang Lomba Karya Tulis yaitu Calista Nanda A.R dari SMPN 1 boja, Kab.Kendal (Juara 1), Anestasia Darmastuti Zeniar Ismanta (Juara 2), Adinda Destifany Zenniar dari MTs N Pecang Di Bawu Kab.Jepara (Juara 3), sedangkan 3 orang Pemenang Lomba Poster diraih oleh Kartika Bahari Cahaya dari SMPN 2 Boyolali, Kab. Boyolali (Juara 1), Irfan dari SMPN 1 Prembung, Kab. Kebumen (Juara 2) dan Nispi Maulidah dari SMPN 5 Purwokerto, Kab. Banyuman (Juara 3). Pemenang Lomba Karya Tulis dan lomba Poster akan di kirim ke Tingkat Nasional di Jakarta pada bulan Agustus 2016.
Dengan terpilihnya Duta Sanitasi Tahun 2016 diharapkan dapat menjadi mitra Pemerintah dalam melaksanakan Kampanye dan Edukasi Bidang Sanitasi serta dapat menjadi contoh perubahan perilaku masyarakat terutama untuk anak-anak.