Kata Kunci  
SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATKER PENGEMBANGAN PLP JAWA TENGAH
Kamis, 17 Agustus 2017
Berita

TPS 3R Kebonsari dan TPA Sanggrahan Kabupaten Temanggung diresmikan Menteri PU
Ditulis tanggal : 11 - 09 - 2014 | 00:00:00

Senin (08/09), Dalam acara groundbreaking Jembatan Sigandul, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, meresmikan infrastruktur Ditjen Cipta Karya di Kabupaten Temanggung, salah satunya Tempat Pengolahan Sampah (TPS) 3R Kembang Asri Kelurahan Kebonsari dan Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) Sampah Sanggrahan.

Djoko Kirmanto, yang didampingi Bupati Temanggung Bambang Sukarno, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Soejadi, Dirjen Bina Marga, Dirjen Sumber Daya Air, Dirjen Tata Ruang, serta Dirjen Cipta Karya yang diwakili Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman, menandatangani 9 prasasti infrastruktur yang meliputi lima infrastruktur Ditjen Sumber Daya Air, dan 4 infrastruktur Ditjen Cipta Karya.

Tempat Pengolahan Sampah (TPS) 3R Kembang Asri Kelurahan Kebonsari Kabupaten Temanggung, dibangun dengan APBN TA 2012 sebesar Rp 379 juta. TPS 3R Kembang Asri berbasis masyarakat, yang diarahkan pada konsep Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali) dan Recycle (daur ulang), dengan tujuan untuk mengurangi volume sampah sejak dari sumbernya, sehingga sampah yang akan diangkut ke TPS berkurang dan memperpanjang umur pakai TPA.

Sedangkan Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) Sampah Sanggrahan yang awalnya dibangun dengan dana APBD tahun 2009, kemudian dilakukan peningkatan kinerja TPA pada tahun 2012 dengan dana APBN oleh Satker Pengembangan PLP Provinsi Jawa Tengah, merupakan TPA pengganti dari TPA Badran, yang habis masa pakainya sejak tahun 1998. TPA Sanggrahan, melayani 9 Kecamatan dari 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Temanggung, yaitu Kecamatan Temanggung, Parakan, Ngadirejo, Candiroto, Kranggan, Kedu, Bulu, Tlogomulyo dan Kandangan. TPA Sanggrahan ini dibangun dengan APBN TA 2012 dan APBD sebesar Rp. 8,66 miliar.

"Dukungan pembangunan Infrastruktur PU di Provinsi Jawa Tengah dalam kurun waktu 5 tahun terakhir mengalami peningkatan hingga Rp 4 Triliun, dari Rp 677,34 Miliar pada 2010 menjadi Rp 4,98 Triliun pada 2014," jelas Djoko Kirmanto.

Beberapa infrastruktur yang diresmikan oleh Menteri PU diantaranya Rehabilitasi dan Rekonstruksi Sabo Dam Merapi di Kabupaten Magelang, Embung Soropadan di Desa Soropadan di Kabupaten Temanggung, Rehabilitasi Perkuatan Tebing Sungai Galeh di Kabupaten Temanggung, Pembangunan Embung Jetis Suruh Sleman, Program Percepatan dan Perluasan Pembangunan Infrastruktur Sumber Daya Air Irigasi Kecil (P4-ISDA-IK), TPA Sanggrahan di Kabupaten Temanggung, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Perdesaan di Kabupaten Temanggung, TPS 3R Kembang Asri Kelurahan Kebonsari Kabupaten Temanggung dan Sub Terminal Agrobisnis (STA) Kawasan Candiroto di Kabupaten Temanggung.