Kata Kunci  
SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATKER PENGEMBANGAN PLP JAWA TENGAH
Kamis, 17 Agustus 2017
Berita

Fasilitasi Penyiapan Kerjasama TPA Regional Magelang
Ditulis tanggal : 18 - 07 - 2014 | 00:00:00

Menindaklanjuti Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah dan Kementerian Pekerjaan Umum tentang Pengelolaan Tempat Pemprosesan Akhir Sampah Regional Magelang Provinsi Jawa Tengah, maka telah diselenggarakan Rapat Fasilitasi Penyiapan TPA Regional Magelang pada hari Kamis, 17 Juli 2014 bertempat di ruang rapat Satker PKPAM Jawa Tengah.

Rapat dibuka dengan sambutan Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Jawa Tengah yang dibacakan oleh Kabid Praskim Ir. Tekad Winaryanto MT. Dalam sambutan pembukaan tersebut ditekankan bahwa persoalan sampah tidak lagi bisa dianggap masalah sederhana tetapi masalah kompleks. Terbatasnya lokasi TPA yang layak dan memadai merupakan suatu tantangan yang ada bagi pemerintah untuk bagaiman mengelola sampah dengan mempertimbangkan keterbatasan lokasi TPA yang tersedia. Untuk itu dibutuhkan upaya pemerintah provinsi yang mengkoordinasikan antara satu Kabupaten/Kota dengan yang lainnya dalam hal penyediaan TPA secara regional yang disertai dengan sistem pengolahan yang baik.

Rapat tersebut dihadiri dari stakeholder yang terkait pengelolaan TPA di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan narasumber dari Direktorat Dekonsentrasi dan Kerjasama Ditjen Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, Direktorat Barang Milik Negara Ditjen Kakayaan Negara Kementerian Keuangan dan Direktorat Pengembangan PLP Ditjen Cipta Karya Kementerian PU yang dipandu moderator dari Biro Otonomi Daerah dan Kerjasama Setda Provinsi Jawa Tengah.

Dari hasil pembahasan rapat dapat disimpulkan ada beberapa opsi mekanisme kerjasama antar daerah, hal ini terkait juga dengan kepemilikan asset sebagai hasil perjanjian kerjasama, yaitu bisa berupa pinjam pakai atau hibah. Selain itu lembaga pengelola TPA Regional sebaiknya berupa UPTD dibawah dinas yang menangani persampahan di provinsi. Rapat ditutup oleh Kepala Satker Pengembangan PLP Jateng, dengan agenda pertemuan berikutnya diharapkan dapat dihadiri narasumber minimal pejabat setingkat eselon 2 dari Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pekerjaan Umum.