Kata Kunci  
SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATKER PENGEMBANGAN PLP JAWA TENGAH
Kamis, 17 Agustus 2017
Berita

Stasiun Rumah Pompa dan Kolam Retensi Siap Untuk Diserahterimakan Ke Pemkot Semarang
Ditulis tanggal : 14 - 07 - 2014 | 00:00:00

Bertempat di The Grand Ballroom South Gumaya Tower Hotel Jalan Gajah Mada Semarang, diadakan Workshop Persiapan Serah Terima Pengelolaan Stasiun Rumah Pompa dan Kolam Retensi Kali Semarang.

Masa uji coba kolam retensi dan rumah pompa Kali Semarang akan berakhir pada Bulan September mendatang, setelah itu Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas PSDA dan ESDM Kota Semarang yang akan mengelola fasilitas yang telah dibangun oleh Direktorat Pengembangan PLP Ditjen Cipta Karya Kementrian PU melalui Satker Pengembangan PLP Provinsi Jawa Tengah.

Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, SE, MM menyatakan Pemkot Semarang siap untuk menjalankan operasional bangunan yang digunakan untuk menangani rob dan banjir di kawasan Semarang Tengah. “Kami sudah menyiapkan dana dan SDM. Untuk dana, tahun ini kami menyiapkan Rp 5 Milyar, sementara untuk SDM, kami tengah melatih beberapa orang untuk memahami operasional kolam retensi dan pompa”, ujarnya saat memberikan sambutan Workshop Persiapan Serah Terima Pengelolaan Stasiun Rumah Pompa dan Kolam Retensi Kali Semarang.

Ditandaskan juga oleh Kepala Dinas PSDA dan ESDM Kota Semarang, Nugroho Joko Purwanto, bahwasanya ditahun 2015 nanti sudah disiapkan anggaran untuk pengelolaan Stasiun Rumah Pompa dan Kolam Retensi. Pada kesempatan yang sama, Direktur Pengembangan Penyehatan  Lingkungan Permukiman (PPLP), Kementerian Pekerjaan Umum, Ir.M. Maliki Moersid, MCP, mengungkapkan bahwa proses serah terima membutuhkan waktu yang lama mengingat besarnya asset yang akan diberikan, dan workshop yang dijalankan dua hari ini merupakan bagian dari persiapan agar pada saatnya nanti Pemkot Semarang benar-benar siap.

Workshop Persiapan Serah Terima Pengelolaan Stasiun Rumah Pompa dan Kolam Retensi Kali Semarang, dihadiri oleh instansi yang terkait dengan rumah pompa dan kolam retensi termasuk para lurah, camat se Kota Semarang dan pada hari kedua diadakan kunjungan lapangan melihat langsung kesiapan stasiun rumah pompa dan kolam retensi dalam menanggulangi rob dan banjir di Kota Semarang.

Diharapkan bahwa Stasiun Rumah Pompa dan Kolam Retensi akan dirawat dan dikelola dengan baik sehingga dapat bermanfaat untuk warga Semarang.