Kata Kunci  
SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATKER PENGEMBANGAN PLP JAWA TENGAH
Rabu, 28 Juni 2017
Berita

Pelatihan KSM Program 3R Provinsi Jawa Tengah TA 2014
Ditulis tanggal : 12 - 06 - 2014 | 00:00:00

Paradigma masyarakat tentang sampah sudah saatnya berubah, yang menganggap sampah sebagai limbah dan membuang di sembarang tempat kemudian memperlakukan sampah yang hanya kumpul, angkut dan buang harus segera di perbaiki, karena itu semua akan berimbas pada pencemaran lingkungan.

Kementerian Pekerjaan Umum melalui Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman melakukan Pelatihan KSM Program 3R (Reduce-Reuse-Recycle) Provinsi Jawa Tengah TA 2014 pada tanggal  10 - 11 Juni 2014 di ruang Krypton 2 Hotel Neo Candi Semarang Jalan Letnan Jenderal S. Parman No.56, Semarang dan dibuka oleh Kasatker PPLP Jawa Tengah yang diwakili oleh Subagyo Amd.

Pelatihan KSM ini diikuti 20 peserta dari KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) di 3 Kabupaten/Kota yakni Karanganyar, Boyolali dan Banjarnegara. Pelatihan ini juga mendatangkan narasumber yang berkompeten di bidang persampahan, diantaranya Suharto Setiyo, , Ny. Suryadi, Mahmud Abdussalam dan Wahyu Haryanto. Selain mendapat ilmu dari narasumber di kelas, peserta pelatihan KSM juga berkunjung di salah satu KSM yang sudah berhasil menangani masalah persampahan dilingkungannya, yakni KSM "Ngudi Kamulyan" Sampangan.

Dari bekal yang diperoleh dalam pelatihan ini para anggota KSM diharapkan bisa menjadi fasilitator di lingkungannya untuk bisa merubah paradigma masyarakat sekitar, sehingga sampah bisa dikurangi, mengolah sampah menjadi barang yang langsung bisa digunakan dan mengolah sampah menjadi kompos tujuannya permasalahan sampah bisa tertanggulangi lewat pengolahan sampah yang berbasis masyarakat.