Kata Kunci  
SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATKER PENGEMBANGAN PLP JAWA TENGAH
Senin, 18 DESEMBER 2017
Berita

Persiapan Kunjungan BPK Dan Percepatan Penyelasaian RKM Program USRI 2014
Ditulis tanggal : 06 - 05 - 2014 | 00:00:00

Rakor PPIU di Ruang Rapat Satker Air Minum Dincipkataru Prov Jateng  Jl. Gajah Mungkur Selatan No. 14-16 Semarang, Selasa 6 Mei 2014 yang dihadiri oleh RPMC, DCT, PPIU, DPIU dan TFL Tehnik dibuka oleh ibu Susanti Puji Lestari,ST selaku sekretaris PPIU, dalam sambutan beliau mengungkapkan Tahun 2014 merupakan tahun terakhir dalam penyelenggaraan SPBM – USRI untuk kegiatan tahun 2013 diharapkan dapat selesai 100% pada bulan Maret 2014, akan tetapi sampai bulan April 2014 masih terdapat lokasi Kab/kota  yang progresnya dibawah 50% . Untuk itu mohon kepada RPMC bersama DCT ybs dapat secara intensive mendampingi dan memantau perkembangannya, serta secara rutin melaporkan perkembangannya kepada PPIU, Sesuai dengan Master Schedule, kegiatan dalam Tahap Persiapan Warga sudah selesai, akan tetapi sesuai dengan hasil Rakor TFL tgl 28 April 2014, Kab. Kebumen dan Kudus masih perlu percepatan karena dalam bulan April sudah mulai siapkan Dokumen CSIAP dan untuk Tahap Perencanaan progresnya juga sangat variatip, yang sampai ke penyusunan RKM hanya Kabupaten Jepara.

Bu Arin mewakili CPMU dalam paparannya beliau mengungkapkan bahwa Dana BOP Kab/Kota sudah dianggarkan tetapi belum mencapai 5%; LPJ 2013 belum selesai; Terdapat  data SIM-ONLINE  Tahun 2013 belum terisi/update  dan anomali data sehingga kedepan perlu adanya pelatihan SIM untuk operator atau admin yang ada di DCT; Belum semua lokasi melakukan Test kualitas air limbah dari efluent IPAL 2011/2012 dan belum dilaporkan ke Pusat; Kegiatan RPA perlu dilakukan walaupun calon lokasi hanya 1; jika ada perubahan Kontrak harap dibuatkan  amandemen; TAMK agar menyampaikan informasi kepada RPMC lokasi yang bermasalah fisik dan administrasinya, agar segera ditindaklanjuti; Pelaksanaan Audit BPK : Jadwal akan disampaikan oleh BPK pada minggu ke 3 bulan april 2014.
Hasil rapat dengan BPK bahwa rencana kunjungan lapangan akan dilakukan pada awal bulan Mei sampai dengan awal juni 2014; Sebelum bulan Mei agar di selesaikan administrasi yang belum selesai.
Bapak Susilo selaku TL RPMC juga menyampaikan Untuk lokasi lama (yg sudah mendapat Sanimas USRI), CSIAP tidak dibuat lagi akan tetapi harus ada dokumentasi dari proses yang terjadi, Gambar DED sebaiknya dilakukan secara manual (tanpa menggunakan autocad) dikarenakan sebagai sumber bukti bahwa semua dari masyarakat dan untuk masyarakat

Dari Bapermades Prov. Jateng oleh Purwandrio, S.H. M.M juga menambahkan Untuk kesinambungan sarpras sanitasi perlu dibentuk organisasi O&P, Tujuannya untuk keberlanjutan pelayanan dan pelestarian aset. Agar pelaksanaan operasional dan pemeliharaan dapar berjalan lancar perlu dibentuk KPP, KPP harus mampu mengorganisir (Leadership), mampu berkoordinasi dengan lembaga lain, mampu menerapkan sanksi, dapat menjamin kepentingan pengguna dan mencari solusi pemecahan masalah, Prosentase perempuan dalam KPP 40%, Keterlibatan perempuan lebih diutamakan, sebab perempuan adalah pengguna sehari-hari sarana sanitasi.