Kata Kunci  
SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATKER PENGEMBANGAN PLP JAWA TENGAH
Kamis, 17 Agustus 2017
Berita

Training of Trainer TFL Sanimas TA 2014
Ditulis tanggal : 14 - 04 - 2014 | 00:00:00

Training of Trainer Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Sanimas Jawa Tengah TA. 2014 berlangsung pada Hari Jum’at Tanggal 02 April 2014 di Ruang Rapat Satker PPLP Provinsi Jawa Tengah, yang dibuka oleh Denny Kumara, ST. MT selaku Pejabat Pembuat Komitmen Pengembangan Infrastuktur PLP Satker Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Provinsi Jawa Tengah.

Training of Trainer TFL Sanimas Jawa Tengah diikuti personil TFL yang ditugaskan di 2 Kabupaten/Kota yakni Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo, dengan pembagian 2 kelas yaitu kelas pemberdayaan dan kelas teknik. Narasumber yang mengampu kelas pemberdayaan adalah Wahyu Haryanto, ST (STFL Sanimas 2014) dan untuk kelas teknik adalah Ir. Ibnu Singgih Pranoto. Materi yang diberikan pada Training of Trainer TFL Sanimas Jawa Tengah TA. 2014 diantaranya prinsip desain pengolahan air limbah, penyusunan RKM, mekanisme pengadaan barang/jasa secara swakelola oleh masyarakat, mekanisme pencairan dana sanimas, titik kritis konstruksi dan form monitoring progress konstruksi, O+M dan rencana tindak lanjut. Materi di kelas pemberdayaan diantaranya manajemen KSM, laporan penggunaan dana, praktek pembukuan Sanimas, sedangkan materi di kelas teknik adalah tugas dan tanggung jawab TFL teknis, gambar perencanaan, laporan harian, mingguan, bulanan, kurva S.

Dengan pelaksanaan Training of Trainer TFL Sanimas, diharapkan TFL dapat melatih dan mendampingi masyarakat penerima Program Sanimas 2014 di daerah, sehingga masyarakat dapat merencanakan, melaksanakan, mengoperasionalkan dan memelihara Program Sanimas yang berupa instalasi pengolahan air limbah masyarakat.