Kata Kunci  
SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATKER PENGEMBANGAN PLP JAWA TENGAH
Rabu, 28 Juni 2017
Berita

Rapat Koordinasi Pokja AMPL Provinsi Jawa Tengah
Ditulis tanggal : 17 - 03 - 2014 | 02:00:00

Dalam rangka persiapan pelaksanaan Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP), diadakan rapat koordinasi Pokja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Provinsi Jawa Tengah yang bertempat di Ruang Rapat Lantai 4 Bappeda Provinsi Jawa Tengah, pada Hari Rabu Tanggal 05 Maret 2014, yang dibuka oleh Hardo, ST, M.Siselaku sekretaris Pokja AMPL Provinsi Jawa Tengah.

Dalam paparannya didepan para anggota Pokja AMPL Provinsi Jawa Tengah, diharapkan Pokja AMPL Provinsi Jawa Tengah dapat meningkatkan perannya dalam pelaksanaan kegiatan AMPL pada tahun 2014 ini. Apa yang akan dilakukan oleh Pokja AMPL selama satu tahun ini perlu dipahami oleh seluruh anggota Pokja AMPL Jateng. Perlu dilakukan perencanaan dan menyusun agenda selama satu tahun ke depan, dalam rangka mencapai target MDG's 2015 perlu di upayakan strategi dan peran Pokja AMPL dalam upaya pencapaian target tersebut.

Rapat koordinasi Pokja AMPL Provinsi Jawa Tengah ini, dipandu oleh RM. Bagus Irawan, ST, M.Si, IPP selaku Provincial Facilitator (PF) dan Suharya, ST,MT Selaku Anggota Pokja AMPL Provinsi Jawa Tengah. Berdasarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 660/4919/SJ tanggal 30 Nopember 2012 tentang Pedoman Pengelolaan Program PPSP di Daerah, mengingatkan akan perlunya mengoordinasikan penyusunan Roadmap dan mengelola Database Sanitasi Provinsi Jawa Tengah, dan prinsip yang digunakan dalam penyusunan Roadmap Sanitasi Provinsi adalah disusun bersama oleh dan untuk Provinsi Jawa Tengah, lintas sektor, komprehensif dan terintegrasi, menggunakan data yang terkonsolidasi, simple dan powerful, mengikuti kaidah otonomi daerah.

Manfaat yang akan diperoleh dalam Roadmap Sanitasi Provinsi adalah penyelenggaraan pembangunan dan pengelolaan sanitasi yang komprehensif dan terintegrasi, arah pembangunan dan pengelolaan sanitasi di wilayah provinsi, acuan pembinaan sanitasi di wilayah provinsi, alat konsolidasi dengan kabupaten/kota di wilayah provinsi.
Rencana rintisan Roadmap Sanitasi di Provinsi Jawa Tengah meliputi 6 Kabupaten/Kota dan rencana Pokja AMPL Jateng akan mendamping dan melakukan monitoring kegiatan Monev Program PPSP Jateng 2014.

Rintisan Roadmap Sanitasi di Provinsi Jawa Tengah berdasarkan Kabupaten/Kota yang telah melaksanakan program PPSP, telah melakukan review dokumen SSK dan MPS, penyusunan dokumen MPS memiliki rangking yang baik dan nilai kualitas dokumen MPS baik.
Setelah acara penjelasan penyusunan Roadmad Sanitasi dan Monev PPSP 2014, maka dilanjutkan dengan acara diskusidan masukan-masukan anggota Pokja AMPL Jateng, dan dari beberapa masukan anggota Pokja AMPL Jateng bahwa wilayah yang akan di jadikan Roadmad Sanitasi dan Monev PPSP 2014 bisa mewakili dari tiap-tiap wilayah, disamping dari kreteria utamanya.