Kata Kunci  
SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATKER PENGEMBANGAN PLP JAWA TENGAH
Rabu, 28 Juni 2017
Berita

Ujicoba / Commisioning Pompa dan Kolam Retensi Kali Semarang Dalam Rangka “Penutupan Kali Semarang”
Ditulis tanggal : 13 - 03 - 2014 | 00:00:00

Dalam rangka ujicoba pompa dan kolam retensi yang telah dibangun Pemerintah Pusat melalui Direktorat Pengembangan PLP Ditjen Cipta Karya Kementrian PU dan sekaligus penutupan Kali Semarang, telah dilakukan penekanan tombol sebagai tanda dimulainya uji coba dan penutupan Kali Semarang secara simbolis oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi, SE, MM, pada hari Senin, tanggal 10 Maret 2014 di lokasi Stasiun Pompa dan Kolam Retensi Kota Semarang.
Setelah melakukan seremonial penutupan Kali Semarang, Walikota Semarang yang didampingi oleh Suharsono Adi Broto,ST,MM selaku Kepala Satker PPLP Provinsi Jawa Tengah, melakukan kunjungan ke lokasi kolam retensi, rumah pompa, rumah genset dan bangunan pendukung lainnya, untuk melihat kesiapan pelaksanaan commisioning pompa dan kolam retensi.
Walikota Semarang mengharapkan dengan dibangunnya kolam retensi, pompa drainase dan semua bangunan pendukungnya maka dapat melayani drainase area Kali Semarang, Kali Asin dan Kali Baru yang seluas 12,8 Km², dan pompa drainase ini dirancang untuk mengatasi banjir akibat air hujan dengan kala ulang 5 tahunan.
Dalam kunjungannya di rumah pompa, Walikota Semarang yang didampingi Kepala Satuan Kerja Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Provinsi Jawa Tengah dan beberapa pejabat yang terkait, melihat langsung pompa yang sedang beroperasi dan berdialog langsung dengan beberapa operator yang sedang bertugas.
Tujuan dari pembangunan Rumah Pompa dan Kolam Retensi yaitu untuk mengurangi genangan akibat rob (air laut pasang) dan air hujan di Semarang bagian tengah yang meliputi kawasan antara Banjir Kanal Barat dan Banjir Kanal Timur. Juga mengurangi masalah investment disaster dan environment disaster sehingga dimungkinkan adanya investasi-investasi dan kesempatan kerja baru, kemudian akan terwujudnya lingkungan permukiman perkotaan yang layak, sehat, bersih, aman dan serasi dengan lingkungan sekitarnya yang memperhatikan kelestarian lingkungan hidup.
Untuk optimalnya sistem drainase Semarang bagian tengah perlu penanganan secara menyeluruh, yang meliputi Kali Semarang, Kali Asin, Kali Baru pendanaan melalui LOAN JICA IP 534. Kali Baru melalui LOAN World Bank, sedangkan untuk sistem Kali Banger telah dilaksanakan review desaign dari design origional (Witeven Bos) dan rencana pendanaan secara sharing dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kota Semarang dan Pemerintah Pusat.
Pompa drainase dan semua bangunan pendukungnya direncanakan melayani drainase area Kali Semarang, Kali Asin dan Kali Baru yang seluas 12,8 Km, dilengkapi dengan Kolam Retensi seluas 6,8 ha dengan kapasitas penampungan air sebesar 130.000 m³. Pompa drainase yang terpasang di Stasiun Pompa adalah pompa submersible sebanyak 6 unit @ 5 m³/detik dan 2 unit @ 2,5 m³/detik, yang  juga dilengkapi pompa penyedot lumpur dengan kapasitas 3 m³/detik.
Harapan besar bagi warga Kota Semarang, dengan terbangunnya Stasiun Pompa dan Kolam Retensi ini, maka akan dapat mengurangi bahaya rob dan banjir, sehingga Kota Semarang akan dapat menjadi salah satu kota tempat tinggal yang nyaman.


KOMENTAR

TIDAK ADA KOMENTAR

Silahkan isi form dibawah ini untuk menuliskan komentar Anda

Nama :


Email :


Judul :


Komentar :


Kode :
 Masukkan kode di bawah ini