Kata Kunci  
SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATKER PENGEMBANGAN PLP JAWA TENGAH
Kamis, 17 Agustus 2017
Berita

Best Practice USRI, Sepak Terjang KSM Budi Luhur Kelurahan Jebres
Ditulis tanggal : 19 - 02 - 2014 | 00:00:00

Tidak ada yang menyangka, jika sebelumnya warga dipertontonkan banyaknya penggunaan WC helikopter (WC yang terbuat dari kayu yang dibangun ditebing sungai), tanpa septic tank semakin menambah suasana tidak elok, inilah pemandangan sehari-hari di RT 3 RW 07 Kelurahan Jebres Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Anugerah yang luar biasa, kini berkat sepak terjang KSM Budi Luhur RT 3 RW 7 Kelurahan Jebres ini sudah memiliki WC umum dan IPAL KOMUNAL, kini daerah mereka sudah bebas dari WC helikopter.
Ya, SPBM USRI seolah menyihir warga kelurahan Jebres, kemiskinan yang mendera warga semakin membuat warga tidak bisa berbuat banyak untuk memikirkan lingkungannya. Alih-alih warga memikirkan lingkungannya menjadi asri dan bersih, untuk makan sehari-hari saja warga kesulitan, itulah potret nyata kehidupan warga kelurahan Jebres.
Tidak berlebihan jika kehadiran program SPBM USRI menggugah kesadaran warga untuk keluar dari mata rantai lingkungan yang kumuh, SPBM USRI menjadi denyut nadi perubahan masyarakat yang bermimpi kelurahannya bebas dari kumuh, bersih dan asri. Semangat warga bergotong royong dalam setiap kegiatan patut diapresiasi. SPBM USRI dengan dana Rp. 350.000.000 tidak ada artinya dibandingkan dengan semangat warga bergotong royong dalam setiap kegiatan, hal ini bisa dibuktikan dalam setiap tahapan kegiatan siklus yang diadakan dari kegiatan Sosialisasi, Rembug Kelurahan 1, Review PJM Pronangkis, Pemetaan Sanitasi, Penyusunan CSIAP, Rembug RT/RW, sampai dengan pilihan teknologi yang terangkum dalam suatu Rencana Kegiatan Masyarakat (RKM) pelaksanaan kegiatan fisik semangat warga luar biasa, mimpi warga terwujud.
Bangunan MIX ini mempunyai 34 SR (sambungan Rumah) dengan jumlah penerima manfaat 12 KK miskin dari 34 KK. Terdapat 4 bangunan WC, 3 Cuci dan 2 KM, berdiri dilahan tanah negara seluas 35 Mē.