Kata Kunci  
SELAMAT DATANG DI WEBSITE SATKER PENGEMBANGAN PLP JAWA TENGAH
Senin, 18 DESEMBER 2017
Berita

KAMPANYE POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT ( PHBS ) SPBM USRI KABUPATEN PURBALINGGA
Ditulis tanggal : 03 - 02 - 2014 | 00:00:00

Salah satu program Nasional dalam rangka menunjang gerakan Indonesia bersih adalah kampanye kesehatan, ajakan untuk berperilaku hidup sehat. Kegiatan ini bekerja sama antara Dinas Kesehatan setempat dengan Program Sanitasi Perkotaan Berbasis Masyarakat Urban Sanitation and Rural Infrastructure (SPBM-USRI) mengadakan kampanye pola hidup bersih dan sehat (PHBS) yang dihadiri oleh Bupati Kabupaten Purbalingga.
Kampanye dilakukan didesa Karangsari Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga pada bulan Desember 2013, bertujuan mengajak masyarakat untuk membiasakan berperilaku hidup bersih dan sehat, seperti stop buang air besar dan tidak membuang sampah sembarangan terutama disungai.
Dengan dibangunnya IPAL KOMUNAL di Rt 3 Rw 2 didesa Karangsari diharapkan benar-benar bisa dimanfaatkan oleh 80 KK, terutama 27 KK Miskin didesa tersebut, IPAL KOMUNAL yang dibangun dilahan hibah dengan luas lahan 94,6 M² memiliki 58 SR dengan dana swadaya berupa inkind sebesar Rp. 6.088.250 dan dana BLM Rp. 350.000.000.
Bupati Purbalingga juga berharap kegiatan kampanye seperti ini dapat dilakukan terus menerus serta dibutuhkan kesadaran masyarakat untuk selalu membiasakan hidup bersih. Tidak selalu menunggu program dari pemerintah masuk baru masyarakat sadar. Pelestarian prasarana dan sarana Sanitasi Perkotaan Berbasis Masyarakat sangat tergantung pada kemauan dan kemampuan masyarakat dalam mengoperasikan, memanfaatkan, memelihara prasarana dan sarana yang ada. Pengelolaan pada dasarnya merupakan aspek utama pelestarian hasil fisik terbangun. pemerintah Daerah sebagai Pembina atau fasilitator kegiatan sanitasi berbasis masyarakat diharapkan dapat meneruskan bantuannya pada tahap pelestarian. Bentuk pembinaan dan bantuan yang diberikan sebagai upaya atau wujud keberlanjutan program dapat berupa bantuan teknis dan/atau bantuan pendanaan.